PROFESIONALISME MAHASISWA SEBAGAI PELAYAN LITURGI EKARISTI (SEBUAH SURVEY DI STKIP ST. PAULUS RUTENG)

  • Hendrikus Midun STKIP St. Paulus Ruteng
  • Valentinus Beo STKIP St. Paulus Ruteng
  • Marietha Hunyaang STKIP St. Paulus Ruteng
Keywords: profesionalisme mahasiswa, pelayan liturgi, perayaan ekaristi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profesionalisme mahasiswa/i Program Studi Pendidikan Teologi sebagai pelayan liturgi dalam perayaan Ekaristi. Populasi yang digunakan adalah mahasiswa/i prodi teologi berjumlah 638 dengan sampel 227 orang. Data diperoleh dengan menyebarkan tes kepada 227 responden dan angket kepada 3 pemerhati kegiatan rohani kampus. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan: (1) responden dengan perolehan nilai < 60 sebanyak 158 (69 orang). Dilihat dari kriteria ketuntasan belajar yang ditetapkan Program Studi Pendidikan Teologi maka dai 227 responden (mahasiswa) yang lulus tes sebanyak 69 orang (30,4%). (2) Nilai rata-rata ujian tes mahasiswa/i prodi teologi adalah 49,04. Jika diukur dari kriteria yang ditetapkan dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa mahasiswa/i Program Studi Pendidikan Teologi tidak profesional sebagai pelayan liturgi dalam Perayaan Ekaristi. Untuk itu, perlu diupayakan peningkatan profesionalisme dalam perayaan Ekaristi dengan kuriositas yang tinggi pada praktik liturgi dan latihan atau persiapan sebelum melaksanakan tugas, pengefektifan mata kuliah praktik liturgi yang berorientasi pengalaman nyata, adanya kerjasama dan monitoring dalam liturgi kampus, pelatihan atau tes uji kompetensi liturgi praktis sebelum mahasiswa/i menjalankan PPL Paroki.

Published
2019-02-01
Section
Articles