PEMBERDAYAAN SOSIAL EKONOMI SEBAGAI SUATU MODEL EVANGELISASI DALAM KONTEKS INDONESIA

  • Ola Rongan Wilhelmus STKIP Widya Yuwana
Keywords: Evangelisation, Capitalism, Social Economic Empowerment, Poverty

Abstract

Upaya evangelisasi pada saat ini perlu diindentikan dengan upaya melawan arus besar zaman. Gelombang kapitalisme yang sedang menyusup masuk hampir ke semua bidang kehidupan dan imbasnya ialah semakin meningkatnya angka kerniskinan dan kemelaratan. Boleh dibilang, zaman ini adalah zamannya kapitalime dan masa suram kaum kecil, miskin, dan papa. Essensi keberadaan dan kehadiran agama-agama termasuk Gereja Katolik adalah memperjuangkan nasib dan hal hidup kaum miskin yang semakin bergantung pada kemurahan dan kebaikan kaum kapitalis. Tulisan ini memberi kontribusi khas bagaimana pemberdayaan sosial ekonomi masyarakat kecil menjadi bentuk hidup dan membebaskan mereka dari ketergantungan pada kaum kapitalis, elit politik dan pengusaha besar, evangelisasi yang berpihak kepada kaum miskin papa dengan maksud meningkatkan kesejahteraan hidup. Bagaimana mereka dituntun untuk berdaya dan menemukan sendiri apa yang mereka idam-idamkan tanpa harus bergantung kepada kaum kapitalis dan elit politik.

Published
2018-11-10
Section
Articles